Susmi @dapur_susmi

dapur_susmi

Susmi β€’ bukan JAGO, hanya SUKA masak, hobi makan pgn kurus πŸ˜€ β€’ HANYA Berbagi resep yg saya masak sehari2 πŸ˜„

Susmi (@dapur_susmi) Recent Photos and Videos

  • Giveaway RA. Kartini

Nama Makanan: Rujak Petis

Deskripsi makanan:
Rujak Petis merupakan makanan tradisional  berasal dari Jawa Timur yang terdiri dari lontong,  sayuran rebus seperti: (kangkung, kacang panjang, kecambah, bayam), buah2an seperti: (mentimun, nanas, bengkoang, belimbing), tahu dan tempe goreng lalu disiram dengan bumbu.
Bumbunya terdiri dari kacang tanah goreng/sangrai, petis, cabe, gula merah, pisang klutuk, bawang putih, asem lalu diuleg dan ditambahkan air sampai tercampur rata.

Biasanya, konsumen membedakan rujak petis menjadi 3 macam, yaitu mentahan,  matengan dan campuran. Mentahan terdiri dari buah2an lalu disiram dg bumbu. Matengan terdiri dari lontong, sayuran rebus dan tahu tempe goreng lalu disiram bumbu. Sedangkan campuran terdiri dari keduanya (mentahan dan matengan)

#rakartini2019
#devinahermawan
  • Giveaway RA. Kartini Nama Makanan: Rujak Petis Deskripsi makanan: Rujak Petis merupakan makanan tradisional berasal dari Jawa Timur yang terdiri dari lontong, sayuran rebus seperti: (kangkung, kacang panjang, kecambah, bayam), buah2an seperti: (mentimun, nanas, bengkoang, belimbing), tahu dan tempe goreng lalu disiram dengan bumbu. Bumbunya terdiri dari kacang tanah goreng/sangrai, petis, cabe, gula merah, pisang klutuk, bawang putih, asem lalu diuleg dan ditambahkan air sampai tercampur rata. Biasanya, konsumen membedakan rujak petis menjadi 3 macam, yaitu mentahan, matengan dan campuran. Mentahan terdiri dari buah2an lalu disiram dg bumbu. Matengan terdiri dari lontong, sayuran rebus dan tahu tempe goreng lalu disiram bumbu. Sedangkan campuran terdiri dari keduanya (mentahan dan matengan) #rakartini2019 #devinahermawan
  • 47 3 3 days ago
  • Giveaway RA. Kartini

Nama makanan: Nasi Pecel

Deskripsi:
Nasi pecel merupakan makanan tradisional dari daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Namun, lebih banyak tersebar di Daerah Jawa Timur seperti Nganjuk, Madiun, Kediri, Tulungagung, Blitar, Malang dan Surabaya.

Nasi pecel terdiri dari nasi yang diberi sayuran rebus, aneka lauk, rempeyek maupun kerupuk, ada juga yg menggunakan pelengkap seperti tauge, petai cina ataupun kemangi, lalu disiram dengan sambal kacang.

Lauk pauk yg digunakan bervariasi antara lain: tempe, tahu, perkedel jagung, ayam goreng, telur dadar/ceplok, ati ampela goreng dll. Sedangkan sayuran yg digunakan antara lain: bayam, kangkung, kenikir, kecambah, daun pepaya dll.

#rakartini2019
#devinahermawan
  • Giveaway RA. Kartini Nama makanan: Nasi Pecel Deskripsi: Nasi pecel merupakan makanan tradisional dari daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Namun, lebih banyak tersebar di Daerah Jawa Timur seperti Nganjuk, Madiun, Kediri, Tulungagung, Blitar, Malang dan Surabaya. Nasi pecel terdiri dari nasi yang diberi sayuran rebus, aneka lauk, rempeyek maupun kerupuk, ada juga yg menggunakan pelengkap seperti tauge, petai cina ataupun kemangi, lalu disiram dengan sambal kacang. Lauk pauk yg digunakan bervariasi antara lain: tempe, tahu, perkedel jagung, ayam goreng, telur dadar/ceplok, ati ampela goreng dll. Sedangkan sayuran yg digunakan antara lain: bayam, kangkung, kenikir, kecambah, daun pepaya dll. #rakartini2019 #devinahermawan
  • 92 3 1 week ago
  • Selamat pagiiiii...
Mau share ah resep bubur sumsum yg pernah aku bikin. Buburnya ga terlalu padet yaa teksturnya lebih lembut. Pas hangat2 masuk mulut langsung (klunyur2) dinginpun masih tetap lembut klunyur2 😁

Tapi, kalo bubur sudah dimasukin kulkas teksturnya agak sedikit padet ya (seeedikitt) jd bisa diangetin ulang biar lembut lagi seperti semula. Di video bubur belum matang ya jd masih agak encer, begitu sudah matang didiamkan 20-25 menit bubur sudah mulai memadat tp tetap masih lembut.
Semua tergantung selera, ini aku hanya mau share aja resep yg pernah aku bikin. Warnanya biar putih cantik jangan lupa pake tepung beras yg kualitasnya bagus. Perbandingan tepung dan air 1:11-12. Yang sering aku pake 1:11 ya. Silakan kalo mau dicoba

BUBUR SUMSUM ala @dapur_susmi

Bahan:
β€’ 100 g tepung beras
β€’ 1100 ml air
β€’ 65 ml santan kental
β€’ 1/2 sdt garam
β€’ 1 lembar daun pandan

Kuah gula merah (rebus jadi 1 sampai larut):
β€’ 250 g gula merah
β€’ sejumput garam
β€’ 1 lembar daun pandan
β€’ secukupnya air

Cara:
β€’ Campur tepung beras, santan kental, garam dan air sebanyak 300 ml. Aduk sampai benar2 rata
β€’ Didihkan sisa air dan daun pandan, lalu masukkan adonan tepung
β€’ Aduk2 terus sampai matang dan meletup2.
β€’ Biarkan agak dingin (hangat kuku). Sajikan dg kuah gula merah

#bubursumsum #bubur #dapursusmi #bubursumsumdapursusmi #breakfast #food #rice #flour #cakedankue #doyancooking #doyanmasak #doyancookingtips #berbagiresep #delicious  #foodphotography #indonesianfood #yummy #videomasakan #wowresep #dietmulaibesok #foodies
  • Selamat pagiiiii... Mau share ah resep bubur sumsum yg pernah aku bikin. Buburnya ga terlalu padet yaa teksturnya lebih lembut. Pas hangat2 masuk mulut langsung (klunyur2) dinginpun masih tetap lembut klunyur2 😁 Tapi, kalo bubur sudah dimasukin kulkas teksturnya agak sedikit padet ya (seeedikitt) jd bisa diangetin ulang biar lembut lagi seperti semula. Di video bubur belum matang ya jd masih agak encer, begitu sudah matang didiamkan 20-25 menit bubur sudah mulai memadat tp tetap masih lembut. Semua tergantung selera, ini aku hanya mau share aja resep yg pernah aku bikin. Warnanya biar putih cantik jangan lupa pake tepung beras yg kualitasnya bagus. Perbandingan tepung dan air 1:11-12. Yang sering aku pake 1:11 ya. Silakan kalo mau dicoba BUBUR SUMSUM ala @dapur_susmi Bahan: β€’ 100 g tepung beras β€’ 1100 ml air β€’ 65 ml santan kental β€’ 1/2 sdt garam β€’ 1 lembar daun pandan Kuah gula merah (rebus jadi 1 sampai larut): β€’ 250 g gula merah β€’ sejumput garam β€’ 1 lembar daun pandan β€’ secukupnya air Cara: β€’ Campur tepung beras, santan kental, garam dan air sebanyak 300 ml. Aduk sampai benar2 rata β€’ Didihkan sisa air dan daun pandan, lalu masukkan adonan tepung β€’ Aduk2 terus sampai matang dan meletup2. β€’ Biarkan agak dingin (hangat kuku). Sajikan dg kuah gula merah #bubursumsum #bubur #dapursusmi #bubursumsumdapursusmi #breakfast #food #rice #flour #cakedankue #doyancooking #doyanmasak #doyancookingtips #berbagiresep #delicious #foodphotography #indonesianfood #yummy #videomasakan #wowresep #dietmulaibesok #foodies
  • 61 5 1 week ago
  • Batagor again hehe
Foto pake yg kemarin ya tp takaran resepnya sama kok, cuma kemarin pake ayam hari ini pake ikan. Menurutku lebih kerasa ikannya kalo dibentuk bulat (tanpa dibungkus kulit pangsit) baca resep sampai habis ya biar ga bingung:

BATAGOR ala @dapur_susmi

Bahan:
β€’ 250 g ikan tenggiri halus
β€’ 150 ml air
β€’ 100 g tepung tapioka
β€’ 100 g tepung terigu
β€’ 100 g tahu putih, hancurkan
β€’ 1 sdt gula putih
β€’ 1 sdm garam (sesuaikan selera)
β€’ Kaldu bubuk secukupnya
β€’ kulit pangsit secukupnya

Cara:
β€’ Siapkan wadah, masukkan ikan tenggiri, tuang air sedikit demi sedikit uleni rata.
β€’ Masukkan tahu dan bumbu2 aduk rata
β€’ Masukkan tepung terigu dan tapioka sedikit  demi sedikit, aduk rata.
β€’ Ambil adonan masukkan kekulit pangsit, goreng sampai kecoklatan, atau:
β€’ Bentuk bulat seperti bakso lalu goreng sampai kuning kecoklatan (sesuai selera) β€’ PENYAJIAN: Tata batagor diatas piring, siram dengan bumbu kacang. Selamat mencoba

#batagor #resepbatagor #batagordapursusmi #dapursusmi #batagorikantenggiri #kuliner #cemilan #ikantenggiri #olahanikan #fish #seafood #foodstagram #foodgasm #berbagiresep #doyancooking #doyanmasak #meatball #hobimasak #wowresep #indonesianfood
  • Batagor again hehe Foto pake yg kemarin ya tp takaran resepnya sama kok, cuma kemarin pake ayam hari ini pake ikan. Menurutku lebih kerasa ikannya kalo dibentuk bulat (tanpa dibungkus kulit pangsit) baca resep sampai habis ya biar ga bingung: BATAGOR ala @dapur_susmi Bahan: β€’ 250 g ikan tenggiri halus β€’ 150 ml air β€’ 100 g tepung tapioka β€’ 100 g tepung terigu β€’ 100 g tahu putih, hancurkan β€’ 1 sdt gula putih β€’ 1 sdm garam (sesuaikan selera) β€’ Kaldu bubuk secukupnya β€’ kulit pangsit secukupnya Cara: β€’ Siapkan wadah, masukkan ikan tenggiri, tuang air sedikit demi sedikit uleni rata. β€’ Masukkan tahu dan bumbu2 aduk rata β€’ Masukkan tepung terigu dan tapioka sedikit demi sedikit, aduk rata. β€’ Ambil adonan masukkan kekulit pangsit, goreng sampai kecoklatan, atau: β€’ Bentuk bulat seperti bakso lalu goreng sampai kuning kecoklatan (sesuai selera) β€’ PENYAJIAN: Tata batagor diatas piring, siram dengan bumbu kacang. Selamat mencoba #batagor #resepbatagor #batagordapursusmi #dapursusmi #batagorikantenggiri #kuliner #cemilan #ikantenggiri #olahanikan #fish #seafood #foodstagram #foodgasm #berbagiresep #doyancooking #doyanmasak #meatball #hobimasak #wowresep #indonesianfood
  • 104 1 2 weeks ago
  • Assalamualaikum, selamat pagi semuaaaa
Kemarin bikin pempek lagi, resep sudah pernah dishare #pempekdapursusmi. Kulitnya masih sisa lumayan banyak 125 g eman dong kalo terbuang sia-siaaa #haasek. Jadi harus dimanfaatin sebaik mungkin.

Aku bikin pempek kulit tanpa penambahan daging ikan lagi ya jd bener2 pake kulitnya aja. Ternyata enak ya rasanya, masih berasa ikannya. Maklum baru pertama kali makan pempek kulit πŸ˜€
Temen2 kalo mau nyoba resepnya langsung aku tulis dibawah ya:

PEMPEK KULIT ala @dapur_susmi
-+ 7 buah

Bahan:
β€’ 125 g kulit ikan (me: ikan barakuda)
β€’ 60-80 ml air
β€’ 100 g tepung sagu/ tapioka
β€’ gula, garam, lada, penyedap secukupnya
β€’ secukupnya tapioka untuk lumuran tangan

Cara:
β€’ Potong kecil2 kulit ikan agar mudah halus saat digiling
β€’ Giling kulit ikan bersama air sampai benar2 halus
β€’ Tuang ke wadah, masukkan bumbu2 aduk rata
β€’ Masukkan tapioka, aduk cepat sampai rata
β€’ Olesi tangan dg tepung tapioka, ambil secukupnya adonan lalu bentuk bulat pipih
β€’ Didihkan air, beri 1 sdm minyak. Rebus adonan sampai mengapung, tiriskan
β€’ PENYAJIAN: goreng lalu siram dg kuah cuko ato sesuai selera

#pempek #pempekdapursusmi #pempekkulitdapursusmi #pempekkulit #reseppempekkulit #reseppempek #dapursusmi #ikanbarakuda #olahanikanbarakuda #pempekikanbarakuda #seafood #food #culinary #homecooking #indonesianfood #berbagiresep #yummy  #doyancooking #doyanmasak #hobimasak #wowresep
  • Assalamualaikum, selamat pagi semuaaaa Kemarin bikin pempek lagi, resep sudah pernah dishare #pempekdapursusmi. Kulitnya masih sisa lumayan banyak 125 g eman dong kalo terbuang sia-siaaa #haasek. Jadi harus dimanfaatin sebaik mungkin. Aku bikin pempek kulit tanpa penambahan daging ikan lagi ya jd bener2 pake kulitnya aja. Ternyata enak ya rasanya, masih berasa ikannya. Maklum baru pertama kali makan pempek kulit πŸ˜€ Temen2 kalo mau nyoba resepnya langsung aku tulis dibawah ya: PEMPEK KULIT ala @dapur_susmi -+ 7 buah Bahan: β€’ 125 g kulit ikan (me: ikan barakuda) β€’ 60-80 ml air β€’ 100 g tepung sagu/ tapioka β€’ gula, garam, lada, penyedap secukupnya β€’ secukupnya tapioka untuk lumuran tangan Cara: β€’ Potong kecil2 kulit ikan agar mudah halus saat digiling β€’ Giling kulit ikan bersama air sampai benar2 halus β€’ Tuang ke wadah, masukkan bumbu2 aduk rata β€’ Masukkan tapioka, aduk cepat sampai rata β€’ Olesi tangan dg tepung tapioka, ambil secukupnya adonan lalu bentuk bulat pipih β€’ Didihkan air, beri 1 sdm minyak. Rebus adonan sampai mengapung, tiriskan β€’ PENYAJIAN: goreng lalu siram dg kuah cuko ato sesuai selera #pempek #pempekdapursusmi #pempekkulitdapursusmi #pempekkulit #reseppempekkulit #reseppempek #dapursusmi #ikanbarakuda #olahanikanbarakuda #pempekikanbarakuda #seafood #food #culinary #homecooking #indonesianfood #berbagiresep #yummy #doyancooking #doyanmasak #hobimasak #wowresep
  • 81 4 2 weeks ago
  • Selamat makan siang..
Hari ini bikin bubur sumsum, aku lebih suka bubur sumsum yg teksturnya lembuuuut dan meleleh dimulut daripada yg agak padet gitu. Kebanyakan yg dijual dipasaran menurutku agak padet jd lebih seneng bikin sendiri. Tp semua tergantung selera yaa

Nah kalo temen2 juga suka bubur sumsum yg teksturnya lembut banget, airnya bisa dibanyakin. Biar lebih gurih biasanya aku make santan kental, tp kali ini mau nyoba pake KEJU SPREADY @keju_prochiz. Rasanya makin gurih dan yg paling penting lebih lembuuuut dan ku sukaa hehehe

Yuk langsung resepnya yaa:

BUBUR SUMSUM KEJU @dapur_susmi

Bahan bubur:
1. 50 g tepung beras
2. 50 g keju SPREADY @keju_prochiz
3. 600 ml air
4. 1/2 sdt garam
5. 3 tetes pasta pandan (bisa pakai/tidak)

Bahan sirup/kuah (rebus jd 1 sampai larut):
1. 100 g gula merah
2. 150 air
3. 1 lembar daun pandan

Cara:
1. Dalam wadah, masukkan 200 ml air,  tepung beras, keju spready, garam, dan pasta pandan. Aduk rata, sisihkan.
2. Rebus sisa air (400 ml) sampai mendidih, masukkan adonan no.1 lalu aduk terus sampai berbentuk bubur dan meletup2. Matikan kompor
3. Penyajian: Siapkan mangkok, tuang bubur secukupnya dan siram dengan sirup gula merah

#KreasiProchizSpready
#ProchizTasteBetter

Yuk ikutan say:
@ferry_susia
@nevimufaridah
@erna7476
@dnm.frelina
@hasmaharianto
  • Selamat makan siang.. Hari ini bikin bubur sumsum, aku lebih suka bubur sumsum yg teksturnya lembuuuut dan meleleh dimulut daripada yg agak padet gitu. Kebanyakan yg dijual dipasaran menurutku agak padet jd lebih seneng bikin sendiri. Tp semua tergantung selera yaa Nah kalo temen2 juga suka bubur sumsum yg teksturnya lembut banget, airnya bisa dibanyakin. Biar lebih gurih biasanya aku make santan kental, tp kali ini mau nyoba pake KEJU SPREADY @keju_prochiz. Rasanya makin gurih dan yg paling penting lebih lembuuuut dan ku sukaa hehehe Yuk langsung resepnya yaa: BUBUR SUMSUM KEJU @dapur_susmi Bahan bubur: 1. 50 g tepung beras 2. 50 g keju SPREADY @keju_prochiz 3. 600 ml air 4. 1/2 sdt garam 5. 3 tetes pasta pandan (bisa pakai/tidak) Bahan sirup/kuah (rebus jd 1 sampai larut): 1. 100 g gula merah 2. 150 air 3. 1 lembar daun pandan Cara: 1. Dalam wadah, masukkan 200 ml air, tepung beras, keju spready, garam, dan pasta pandan. Aduk rata, sisihkan. 2. Rebus sisa air (400 ml) sampai mendidih, masukkan adonan no.1 lalu aduk terus sampai berbentuk bubur dan meletup2. Matikan kompor 3. Penyajian: Siapkan mangkok, tuang bubur secukupnya dan siram dengan sirup gula merah #kreasiprochizspready #prochiztastebetter Yuk ikutan say: @ferry_susia @nevimufaridah @erna7476 @dnm.frelina @hasmaharianto
  • 89 10 3 weeks ago
  • Sore2 pas cuaca mendung emang enak banget buat ngemil dan makan. Langsung eksekusi long macaroni. Dulu mesti ribet nyiapin banyak bumbu untuk buat sausnya dan prosesnya lumayan memakan waktu keburu kelaperan hihihi.

Kalo sekarang cara buatnya mudah dan cepat. Apalagi sausnya make bumbu @delito.id bolognese, tinggal cemplung2 aduk2 jadilah pasta yg lezaat dan mantaaap. Ini cocok banget buat kalian yang suka pasta.

Yuk teman2 intip resepnya dibawah ya:

MACARONI SAUS CUMI BOLOGNESE @dapur_susmi

Bahan:
β€’ 100 g long macaroni
β€’ 250 g cumi bersihkan, potong2
β€’ 1 bungkus delito bolognese @delito.id
β€’ 150 ml air

Cara:
β€’ Didihkan air, masukkan bumbu delito bolognese dan 1 sdm minyak.
β€’ Masukkan cumi, aduk rata biarkan 5 menit
β€’ Tambahkan larutan maizena, aduk sampai mengental, matikan kompor
β€’ Rebus pasta macaroni sampai empuk, beri 1 sdm minyak, tiriskan lalu potong2 sesuai selera
β€’ Tata diatas piring lalu siram dengan saus cumi bolognese
β€’ Sajikan

#KreasiSausPastaDelito
#TeamBolognese

Yuk ikutan juga:
@ferry_susia
@nevimufaridah
@erna7476
@fhi_rdhaa
  • Sore2 pas cuaca mendung emang enak banget buat ngemil dan makan. Langsung eksekusi long macaroni. Dulu mesti ribet nyiapin banyak bumbu untuk buat sausnya dan prosesnya lumayan memakan waktu keburu kelaperan hihihi. Kalo sekarang cara buatnya mudah dan cepat. Apalagi sausnya make bumbu @delito.id bolognese, tinggal cemplung2 aduk2 jadilah pasta yg lezaat dan mantaaap. Ini cocok banget buat kalian yang suka pasta. Yuk teman2 intip resepnya dibawah ya: MACARONI SAUS CUMI BOLOGNESE @dapur_susmi Bahan: β€’ 100 g long macaroni β€’ 250 g cumi bersihkan, potong2 β€’ 1 bungkus delito bolognese @delito.id β€’ 150 ml air Cara: β€’ Didihkan air, masukkan bumbu delito bolognese dan 1 sdm minyak. β€’ Masukkan cumi, aduk rata biarkan 5 menit β€’ Tambahkan larutan maizena, aduk sampai mengental, matikan kompor β€’ Rebus pasta macaroni sampai empuk, beri 1 sdm minyak, tiriskan lalu potong2 sesuai selera β€’ Tata diatas piring lalu siram dengan saus cumi bolognese β€’ Sajikan #kreasisauspastadelito #teambolognese Yuk ikutan juga: @ferry_susia @nevimufaridah @erna7476 @fhi_rdhaa
  • 48 1 4 weeks ago
  • Hai Moms. Yuk cek apakah moms ada gejala seperti diatas?
.
Kalau ada 4 atau lebih tanda diatas, maka moms harus melakukan detoksifikasi. Selain bagus utk kesehatan moms, tp juga aman untuk busui😍
______________________________________
πŸ’‹FREE GIFT LUCU DARI ONDIET.ID
πŸ’‹FREE KONSULTASI DIET SEHAT
πŸ’‹MAKAN NORMAL 3x SEHARI ALIAS DIET KENYANG
______________________________________
Info/Order : 
Yuk cek IG @ondiet.id πŸ’‹
WA : 0877.8178.7952
Line@ : @nhz3909x (pakai @)
.
Yukkk cobain konsumsi rutin Optrimax Plum! πŸ‘‡πŸ‘‡
.
LULUS BPOM, HALAL, 100% ORIGINAL (GARANSI UANG KEMBALI)
.
πŸ‘PLUM :
- Melancarkan BAB
- Menurunkan Berat Badan
- Mengurangi Kolestrol
- Mencegah Kanker Usus
- 70% detox, 30% diet
.
πŸƒJELLY :
- Mengatur Pola Makan
- Membakar Lemak
- Menurunkan Berat Badan
- Menormalkan Gula Darah dan Kolestrol
.
______________________________________
Cara Konsumsinya super guampang : 
1. Plum dimakan 1 jam setelah makan terakhir (makan malam), kemudian minum 1-2 gelas air hangat.
2. Jika dikombinasi dengan Jelly, Jelly dimakan 1 jam setelah makan pertama (makan pagi), kemudian minum 1-2 gelas air hangat.
.
.
Happy Dieting, Happy Moms❀
#dietsehat #dietmurah #dietcepat #momandkid #parenting #ibusehat #bayilucu #keluarga #sehat #plumkering #jualplum #plummurah #plumdiet #jakarta
  • Hai Moms. Yuk cek apakah moms ada gejala seperti diatas? . Kalau ada 4 atau lebih tanda diatas, maka moms harus melakukan detoksifikasi. Selain bagus utk kesehatan moms, tp juga aman untuk busui😍 ______________________________________ πŸ’‹FREE GIFT LUCU DARI ONDIET.ID πŸ’‹FREE KONSULTASI DIET SEHAT πŸ’‹MAKAN NORMAL 3x SEHARI ALIAS DIET KENYANG ______________________________________ Info/Order : Yuk cek IG @ondiet.id πŸ’‹ WA : 0877.8178.7952 [email protected] : @nhz3909x (pakai @) . Yukkk cobain konsumsi rutin Optrimax Plum! πŸ‘‡πŸ‘‡ . LULUS BPOM, HALAL, 100% ORIGINAL (GARANSI UANG KEMBALI) . πŸ‘PLUM : - Melancarkan BAB - Menurunkan Berat Badan - Mengurangi Kolestrol - Mencegah Kanker Usus - 70% detox, 30% diet . πŸƒJELLY : - Mengatur Pola Makan - Membakar Lemak - Menurunkan Berat Badan - Menormalkan Gula Darah dan Kolestrol . ______________________________________ Cara Konsumsinya super guampang : 1. Plum dimakan 1 jam setelah makan terakhir (makan malam), kemudian minum 1-2 gelas air hangat. 2. Jika dikombinasi dengan Jelly, Jelly dimakan 1 jam setelah makan pertama (makan pagi), kemudian minum 1-2 gelas air hangat. . . Happy Dieting, Happy Moms❀ #dietsehat #dietmurah #dietcepat #momandkid #parenting #ibusehat #bayilucu #keluarga #sehat #plumkering #jualplum #plummurah #plumdiet #jakarta
  • 45 0 4 weeks ago
  • Met makan siang..
Bagi aku yg demen banget sama sayuran, berasa ada yg kurang kalo makan tanpa sayur. Jadi sebisa mungkin masakan apapun selalu aku selipin sayur dimenu makanku, entah itu dicampur dg menu utama ataupun direbus sendiri.
Itulah rahasia awet muda hihihihihi (bercanda πŸ˜€) Seperti hari ini aku masak capcay. Capcay termasuk makanan yg paling aku suka karena sayurnya bermacam2, numis bumbunya pake minyak favorit @sunco_id, karena minyaknya ringan, bening dan juga gak gampang gosong 😍
Berikut resepnya ya:

CAPCAY ala @dapur_susmi

Bahan:
β€’ 1 lembar kembang tahu, rendam air hangat, potong2
β€’ 2 buah wortel potong2
β€’ 2 bonggol sawi potong2
β€’ 3 buah putren potong2
β€’ 250 g telur puyuh rebus β€’ 3 sdm minyak @sunco_id
β€’ 3 siung bw putih
β€’ 2 sdm saus tiram
β€’ garam gula secukupnya
β€’ 200 ml air
β€’ 1 sdt maizena larutkan dg 2 sdm air

Cara:
β€’ Panaskan minyak goreng @sunco_id
β€’ Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan saus tiram, wortel, air. Biarkan mendidih
β€’ Masukkan kembang tahu, putren, telur, gula garam. Koreksi rasa
β€’ Terakhir, masukkan larutan maizena dan sawi aduk2 sampai rata. Didihkan lg 1 menitan
β€’ Matikan kompor, sajikan

#SuncoMomsFoodBattle

Yuk ikutan:
@ferry_susia
@dnm.frelina
@riskayusetyo
@erna7476
@nevimufaridah
  • Met makan siang.. Bagi aku yg demen banget sama sayuran, berasa ada yg kurang kalo makan tanpa sayur. Jadi sebisa mungkin masakan apapun selalu aku selipin sayur dimenu makanku, entah itu dicampur dg menu utama ataupun direbus sendiri. Itulah rahasia awet muda hihihihihi (bercanda πŸ˜€) Seperti hari ini aku masak capcay. Capcay termasuk makanan yg paling aku suka karena sayurnya bermacam2, numis bumbunya pake minyak favorit @sunco_id, karena minyaknya ringan, bening dan juga gak gampang gosong 😍 Berikut resepnya ya: CAPCAY ala @dapur_susmi Bahan: β€’ 1 lembar kembang tahu, rendam air hangat, potong2 β€’ 2 buah wortel potong2 β€’ 2 bonggol sawi potong2 β€’ 3 buah putren potong2 β€’ 250 g telur puyuh rebus β€’ 3 sdm minyak @sunco_id β€’ 3 siung bw putih β€’ 2 sdm saus tiram β€’ garam gula secukupnya β€’ 200 ml air β€’ 1 sdt maizena larutkan dg 2 sdm air Cara: β€’ Panaskan minyak goreng @sunco_id β€’ Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan saus tiram, wortel, air. Biarkan mendidih β€’ Masukkan kembang tahu, putren, telur, gula garam. Koreksi rasa β€’ Terakhir, masukkan larutan maizena dan sawi aduk2 sampai rata. Didihkan lg 1 menitan β€’ Matikan kompor, sajikan #suncomomsfoodbattle Yuk ikutan: @ferry_susia @dnm.frelina @riskayusetyo @erna7476 @nevimufaridah
  • 82 1 4 weeks ago
  • #Repost @sunco_id (@get_repost)
・・・
Hai Ibu Baik SunCo! Yuk, ikutan #SunCoMomsFoodBattle dengan cara screenshot video wheel berisi Hidangan Utama, Hidangan Pencuci Mulut, serta Camilan, kemudian upload foto hasil screenshotmu dan hasil kreasi hidangan yang dibuat sesuai dari hasil screenshotmu. Kreasikan masakanmu semenarik mungkin. Semoga kamu menjadi salah satu pemenangnya dan raih uang tunai Jutaan Rupiah! Cek mekanisme lengkapnya pada link bio ya!

Yuk ikutan:
@ferry_susia 
@dnm.frelina 
@riskayusetyo 
@erna7476 
@nevimufaridah
  • #repost @sunco_id (@get_repost) ・・・ Hai Ibu Baik SunCo! Yuk, ikutan #suncomomsfoodbattle dengan cara screenshot video wheel berisi Hidangan Utama, Hidangan Pencuci Mulut, serta Camilan, kemudian upload foto hasil screenshotmu dan hasil kreasi hidangan yang dibuat sesuai dari hasil screenshotmu. Kreasikan masakanmu semenarik mungkin. Semoga kamu menjadi salah satu pemenangnya dan raih uang tunai Jutaan Rupiah! Cek mekanisme lengkapnya pada link bio ya! Yuk ikutan: @ferry_susia @dnm.frelina @riskayusetyo @erna7476 @nevimufaridah
  • 6 0 4 weeks ago
  • Pagi tadi semangat ke pasar beli kerang dara, mau dibikin masakan yg spesial dan istimewa hmm ngetik ini masih terbayang2 enaknya 😁
Kerang dara kalo direbus aja lama2 eneg, akhirnya aku masak saus padang. Bumbunya berasa dan gak eneg sama sekali. Yang bikin tambah nikmat karena pake saus cabenya @duabelibis. Masakan jadi makin istimewa, Alhamdulillah

Berikut resepnya ya:

KERANG SAUS PADANG @dapur_susmi

Bahan:
β€’ 500 g kerang dara
β€’ 350 ml air
β€’ 1/2 buah bw bombai potong2
β€’ 2 lembar daun salam
β€’ 2 lembar daun jeruk
β€’ β€Ž1 sdm saus tiram
β€’ 1 sdm saus tomat
β€’ 3 sdm saus cabe @duabelibis
β€’ garam, gula dan kaldu bubuk secukupnya

BUMBU HALUS:
β€’ β€Ž5 siung bw merah
β€’ β€Ž3 siung bw putih
β€’ 10 buah cabe rawit
β€’ 3 buah cabe merah besar
β€’ β€Ž3 cm jahe
β€’ β€Ž1 cm kunyit

Cara:
β€’ Sikat dan cuci kerang sampai benar2 bersih
β€’ Rebus pada air mendidih 3 menit, buang airnya. Rebus lagi sampai mendidih, buang kembali airnya. Tiriskan
β€’ Tumis bw bombai sampai layu, masukkan bumbu halus, daun salam, daun jeruk aduk2 sampai harum
β€’ Masukkan air, saus tiram, saus tomat dan saus cabe, gula garam. Didihkan, koreksi rasa
β€’ Masukkan kerang, aduk rata tunggu 2 menit
β€’ Matikan kompor, sajikan

#ResepIstimewaDuaBelibis
#semuanyajadiistimewa

Yuk ikutan juga:
@ferry_susia
@dnm_frlina
@riskayusetyo
  • Pagi tadi semangat ke pasar beli kerang dara, mau dibikin masakan yg spesial dan istimewa hmm ngetik ini masih terbayang2 enaknya 😁 Kerang dara kalo direbus aja lama2 eneg, akhirnya aku masak saus padang. Bumbunya berasa dan gak eneg sama sekali. Yang bikin tambah nikmat karena pake saus cabenya @duabelibis. Masakan jadi makin istimewa, Alhamdulillah Berikut resepnya ya: KERANG SAUS PADANG @dapur_susmi Bahan: β€’ 500 g kerang dara β€’ 350 ml air β€’ 1/2 buah bw bombai potong2 β€’ 2 lembar daun salam β€’ 2 lembar daun jeruk β€’ β€Ž1 sdm saus tiram β€’ 1 sdm saus tomat β€’ 3 sdm saus cabe @duabelibis β€’ garam, gula dan kaldu bubuk secukupnya BUMBU HALUS: β€’ β€Ž5 siung bw merah β€’ β€Ž3 siung bw putih β€’ 10 buah cabe rawit β€’ 3 buah cabe merah besar β€’ β€Ž3 cm jahe β€’ β€Ž1 cm kunyit Cara: β€’ Sikat dan cuci kerang sampai benar2 bersih β€’ Rebus pada air mendidih 3 menit, buang airnya. Rebus lagi sampai mendidih, buang kembali airnya. Tiriskan β€’ Tumis bw bombai sampai layu, masukkan bumbu halus, daun salam, daun jeruk aduk2 sampai harum β€’ Masukkan air, saus tiram, saus tomat dan saus cabe, gula garam. Didihkan, koreksi rasa β€’ Masukkan kerang, aduk rata tunggu 2 menit β€’ Matikan kompor, sajikan #resepistimewaduabelibis #semuanyajadiistimewa Yuk ikutan juga: @ferry_susia @dnm_frlina @riskayusetyo
  • 125 9 1 month ago
  • Cemil2 sore sekalian buat makan malamπŸ˜€. Sebenernya dulu pernah bikin singkong keju tp dengan cara direbus dulu jadi juga sih,  cuma hasilnya kurang merekah dan muprul semua. 
Td iseng2 liat youtubnya sobat dapur, beliau menggunakan teknik 2x proses penggorengan. Karena penasaran, akhirnya aku cobain juga dan hasilnya memuaskan. Terimakasih sobat dapur tipsnya, bahan aku sesuaikan dg selera. Baca dg teliti step by stepnya yaa. Tutorial lengkap ada di cookpad

SINGKONG KEJU ala @dapur_susmi

Bahan:
β€’ 1 kilo singkong (pilih yg putih mulus)

Bahan rendaman: (campur jd satu)
β€’ 5 siung bw putih haluskan
β€’ 1 sdm ketumbar bubuk
β€’ 1 sdt kunyit bubuk
β€’ garam secukupnya
β€’ air dingin secukupnya

Cara:
β€’ Kupas, potong2 dan cuci singkong sampai bersih
β€’ Goreng dengan api sedang sampai cukup matang, tp masih agak keras dan tidak sampai gosong (usahakan singkong terendam minyak), angkat
β€’ Masukkan kedalam air rendaman sampai semua singkong terendam
β€’ Biarkan bumbu meresap dan singkong merekah (me: -+ 30 menit), tiriskan
β€’ Goreng kembali pada minyak panas api sedang, sampai kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan
β€’ Sajikan

#dapursusmi #singkongkeju #singkongkejudapursusmi #resepsingkongkeju #dinner #cemilan #kuliner #culinary #food #delish #delicious #foodstagram #indonesianfood #cassava #berbagiresep #cakedankue #doyancooking #doyanmasak #doyabaking #resepjajananpasar #jajananpasar
  • Cemil2 sore sekalian buat makan malamπŸ˜€. Sebenernya dulu pernah bikin singkong keju tp dengan cara direbus dulu jadi juga sih, cuma hasilnya kurang merekah dan muprul semua. Td iseng2 liat youtubnya sobat dapur, beliau menggunakan teknik 2x proses penggorengan. Karena penasaran, akhirnya aku cobain juga dan hasilnya memuaskan. Terimakasih sobat dapur tipsnya, bahan aku sesuaikan dg selera. Baca dg teliti step by stepnya yaa. Tutorial lengkap ada di cookpad SINGKONG KEJU ala @dapur_susmi Bahan: β€’ 1 kilo singkong (pilih yg putih mulus) Bahan rendaman: (campur jd satu) β€’ 5 siung bw putih haluskan β€’ 1 sdm ketumbar bubuk β€’ 1 sdt kunyit bubuk β€’ garam secukupnya β€’ air dingin secukupnya Cara: β€’ Kupas, potong2 dan cuci singkong sampai bersih β€’ Goreng dengan api sedang sampai cukup matang, tp masih agak keras dan tidak sampai gosong (usahakan singkong terendam minyak), angkat β€’ Masukkan kedalam air rendaman sampai semua singkong terendam β€’ Biarkan bumbu meresap dan singkong merekah (me: -+ 30 menit), tiriskan β€’ Goreng kembali pada minyak panas api sedang, sampai kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan β€’ Sajikan #dapursusmi #singkongkeju #singkongkejudapursusmi #resepsingkongkeju #dinner #cemilan #kuliner #culinary #food #delish #delicious #foodstagram #indonesianfood #cassava #berbagiresep #cakedankue #doyancooking #doyanmasak #doyabaking #resepjajananpasar #jajananpasar
  • 172 1 1 month ago
  • Selamat pagi semua..
Ibun2 pagi ini pastinya sudah masak buat keluarga dirumah. Atau ada yg belum masak krn bingung mau masak apa? Jangan bingung2 bun, karena banyak pilihan salah satunya yg aku masak hari ini yaitu rice ball. 
Super istimewa deh menurut aku. Gimana gak istimewa coba, budgetnya minim tp rasanya enak, gurih dengan isian tongkol suir pedas dan ditambah dengan cocolan saos sambal @duabelibis makin yummy dan pengen nambah2 terus πŸ‘ŒπŸ‘Œ
Yuk cobain ibun2 dirumah, berikut resepnya:

RICE BALL ala @dapur_susmi

Bahan:
1. 1 piring nasi hangat
2. 200 g tepung panir
3. 2 butir telur kocok lepas
4. Isian: tongkol suir pedas

Cara:
1. Olesi tangan dg sedikit minyak, ambil 1 sdm nasi, bentuk bulat
2. Isi dg bahan isian, lalu tutup dan rapatkan. Lakukan sampai habis
3. Masukkan ke kocokan telur, tiriskan. Lalu balur dengan tepung panir sampai rata
4. Goreng pada minyak panas, api sedang sampai kecoklatan
5. Angkat, tiriskan
6. Sajikan dg cocolan saos @duabelibis

Bahan isian:
1. 1/2 ekor ikan tongkol, suir2
2. 2 siung bw merah cincang
3. 2 siung bw putih cincang
4. 15 buah cabe rawit potong tipis
5. 1 sdm saos sambal @duabelibis
6. 3 sdm kecap manis
7. 2 lembar daun jeruk
8. 100 ml air
9. Garam dan gula secukupnya

Cara:
1. Tumis bw merah, bw putih, cabe dan daun jeruk sampai harum
2. Masukkan sisa semua bahan, aduk rata, didihkan lalu koreksi rasa
3. Biarkan air menyusut. Matikan kompor
4. Bahan isian siap digunakan

#ResepIstimewaDuaBelibis
#semuanyajadiistimewa

Yuk ikutan sebelum terlambat:
@ferry_susia
@dnm_frlina
@riskayusetyo
  • Selamat pagi semua.. Ibun2 pagi ini pastinya sudah masak buat keluarga dirumah. Atau ada yg belum masak krn bingung mau masak apa? Jangan bingung2 bun, karena banyak pilihan salah satunya yg aku masak hari ini yaitu rice ball. Super istimewa deh menurut aku. Gimana gak istimewa coba, budgetnya minim tp rasanya enak, gurih dengan isian tongkol suir pedas dan ditambah dengan cocolan saos sambal @duabelibis makin yummy dan pengen nambah2 terus πŸ‘ŒπŸ‘Œ Yuk cobain ibun2 dirumah, berikut resepnya: RICE BALL ala @dapur_susmi Bahan: 1. 1 piring nasi hangat 2. 200 g tepung panir 3. 2 butir telur kocok lepas 4. Isian: tongkol suir pedas Cara: 1. Olesi tangan dg sedikit minyak, ambil 1 sdm nasi, bentuk bulat 2. Isi dg bahan isian, lalu tutup dan rapatkan. Lakukan sampai habis 3. Masukkan ke kocokan telur, tiriskan. Lalu balur dengan tepung panir sampai rata 4. Goreng pada minyak panas, api sedang sampai kecoklatan 5. Angkat, tiriskan 6. Sajikan dg cocolan saos @duabelibis Bahan isian: 1. 1/2 ekor ikan tongkol, suir2 2. 2 siung bw merah cincang 3. 2 siung bw putih cincang 4. 15 buah cabe rawit potong tipis 5. 1 sdm saos sambal @duabelibis 6. 3 sdm kecap manis 7. 2 lembar daun jeruk 8. 100 ml air 9. Garam dan gula secukupnya Cara: 1. Tumis bw merah, bw putih, cabe dan daun jeruk sampai harum 2. Masukkan sisa semua bahan, aduk rata, didihkan lalu koreksi rasa 3. Biarkan air menyusut. Matikan kompor 4. Bahan isian siap digunakan #resepistimewaduabelibis #semuanyajadiistimewa Yuk ikutan sebelum terlambat: @ferry_susia @dnm_frlina @riskayusetyo
  • 90 0 1 month ago
  • Aku paling doyan dan suka banget sama sayuran. Jadi kalo menu masakanku ga ada sayurnya kayak ada yg kurang lengkap gitu.

Selain rasanya enak, sayuran juga mengandung banyak serat dan vitamin yg tentunya baik untuk kesehatan, karena jika tubuh kekurangan serat juga bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan

Hari ini aku masak sayur warna warni, enaaak. Aku gadoin terus tiap ke dapur saking sukanya sama sayur πŸ˜€, sekalian aku tulis resep simpelnya ya:

TUMIS SAYUR WARNA WARNI @dapur_susmi

Bahan:
β€’ 1 buah wortel potong korek api
β€’ 10 batang buncis potong2
β€’ 100 gram kol (kubis)
β€’ 5 buah cuciwis rebus
β€’ 2 buah tomat ceri potong2
β€’ 1 buah cabe merah potong serong
β€’ 2 siung bw merah potong tipis
β€’ 2 siung bw putih potong tipis
β€’ 50 ml air
β€’ gula, garam dan kaldu bubuk secukupnya

Cara:
β€’ Tumis bw merah putih sampai harum. Masukkan air, wortel dan buncis
β€’ Setelah agak empuk, masukkan kol dan cuciwis. Beri gula garam kaldu bubuk
β€’ Masukkan cabe dan tomat. Aduk rata, koreksi rasa
β€’ Matikan kompor

#KuisEndeus
#KreatorEndeus
@endeus.tv
  • Aku paling doyan dan suka banget sama sayuran. Jadi kalo menu masakanku ga ada sayurnya kayak ada yg kurang lengkap gitu. Selain rasanya enak, sayuran juga mengandung banyak serat dan vitamin yg tentunya baik untuk kesehatan, karena jika tubuh kekurangan serat juga bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan Hari ini aku masak sayur warna warni, enaaak. Aku gadoin terus tiap ke dapur saking sukanya sama sayur πŸ˜€, sekalian aku tulis resep simpelnya ya: TUMIS SAYUR WARNA WARNI @dapur_susmi Bahan: β€’ 1 buah wortel potong korek api β€’ 10 batang buncis potong2 β€’ 100 gram kol (kubis) β€’ 5 buah cuciwis rebus β€’ 2 buah tomat ceri potong2 β€’ 1 buah cabe merah potong serong β€’ 2 siung bw merah potong tipis β€’ 2 siung bw putih potong tipis β€’ 50 ml air β€’ gula, garam dan kaldu bubuk secukupnya Cara: β€’ Tumis bw merah putih sampai harum. Masukkan air, wortel dan buncis β€’ Setelah agak empuk, masukkan kol dan cuciwis. Beri gula garam kaldu bubuk β€’ Masukkan cabe dan tomat. Aduk rata, koreksi rasa β€’ Matikan kompor #kuisendeus #kreatorendeus @endeus.tv
  • 121 4 1 month ago
  • Hai kalian yg gemar masak juga, yuk jangan lupa ikutan:
@ferry_susia
@dnm_frlina
@riskayusetyo
@nevimufaridah 
@endangsri1993
#11thAnniversaryMITOCHIBA

#Repost @mitochiba_id (@get_repost)
・・・
Halo semua, dalam rangka Anniversary 11 tahun, MITOCHIBA mengadakan Giveaway 11  Food Chopper CH-200 untuk 11 orang yang beruntung. Mau tahu caranya? Yuk ikutin caranya di syarat & ketentuan ya.

Syarat & ketentuan :

1. Peserta harus FOLLOW Instagram @mitochiba_id .
2. REPOST postingan Giveaway ini ke akun Instagram kamu serta MENTION & TAG 5 orang teman yang gemar memasak.
3. Dan gunakan hashtag #11thAnniversaryMITOCHIBA
4. Akan ada 11 pemenang yang beruntung yang akan mendapatkan masing-masing MITOCHIBA Food Chopper CH-200
5. Periode kuis: 8-31 Maret 2019 *Keputusan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat

Semoga beruntung!
  • Hai kalian yg gemar masak juga, yuk jangan lupa ikutan: @ferry_susia @dnm_frlina @riskayusetyo @nevimufaridah @endangsri1993 #11thanniversarymitochiba #repost @mitochiba_id (@get_repost) ・・・ Halo semua, dalam rangka Anniversary 11 tahun, MITOCHIBA mengadakan Giveaway 11 Food Chopper CH-200 untuk 11 orang yang beruntung. Mau tahu caranya? Yuk ikutin caranya di syarat & ketentuan ya. Syarat & ketentuan : 1. Peserta harus FOLLOW Instagram @mitochiba_id . 2. REPOST postingan Giveaway ini ke akun Instagram kamu serta MENTION & TAG 5 orang teman yang gemar memasak. 3. Dan gunakan hashtag #11thanniversarymitochiba 4. Akan ada 11 pemenang yang beruntung yang akan mendapatkan masing-masing MITOCHIBA Food Chopper CH-200 5. Periode kuis: 8-31 Maret 2019 *Keputusan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat Semoga beruntung!
  • 17 1 1 month ago